Pemda Garut Segera Bentuk Dinas Infokom Dan Dinas Pemuda Olahraga

garutkabPemerintah Kabupaten Garut segera mempunyai Dinas baru. Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) sepakat menyetujui terbentuknya Dinas Komunikasi dan Informatika serta Dinas Pemuda dan Olah Raga.

Namun demikian seluruh fraksi pada kata akhirnya, semuanya memberi catatan agar dalam perubahan ketiga Perda No 23 Tahun 2008 tentang pembentukan dan susunan organisasi dinas daerah tersebut harus betul-betul mampu memberikan nuansa baru dalam penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat.

Fraksi PPP dan PKS, misalnya, menyambut baik dengan lahirnya Dinas Informatika serta Dinas Pemuda dan Olah Raga di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut. Namun dalam proses pengisian jabatannya harus betul-betul orang yang mempunyai kompetensi di bidangnya. Jangan sampai pengisian jabatan atas dasar politik dan balas budi.

Lain halnya Fraksi PDIP, Organisasi Perangkat Daerah Baru harus lebih rasional, efisien, dan realistis serta beroperasional tetap, janganlah kerap selalu berubah-ubah. Adanya dinas baru tersebut harus terwujud secara optimal dan tanpa mengabaikan prinsip ramping struktur namun kaya fungsi.

Sementara Fraksi Golkar berharap pengaturan, pengisian dan penempatan SDM diharapkan benar-benar melalui proses kajian konprehensif dan profesional. Hal sama juga disampaikan Fraksi Demokrat, “Kami berharap dalam pengisian jabatan dua Dinas baru tidak bersifat transaksional dan politik balas budi, tetapi haruslah pejabat yang mampu dan kredibel”, kata Juru bicara Fraksi Demokrat Dewiyani Agustina.

Persetujuan terbentuknya Dinas Baru tersebut juga disampaikan oleh Fraksi Hanura, PAN, dan Fraksi PKB Gerinda.

Selain menyetujui perubahan Perda No.3 Tahun 2008 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Dinas Daerah, seluruh Fraksi juga menyetujui terhadap tujuh Rencana Peraturan Daerah (Raperda) lainnya menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Berikut tujuh Raperda yang disetujui Paripurna DPRD Garut yang digelar Senin (23/6/14) kemarin; Raperda Kabupaten Garut tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Garut 2014-2019; Raperda Pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga; Raperda pemberian gelar kehormatan, penghargaan daerah, dan warga kehormatan; Raperda Pengelolaan Zakat, Infaq, dan Sodaqoh.

Raperda tentang perubahan kedua Perda no. 22 Tahun 2008 tentang Pembentukan dan susunan Organisasi Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD Kabupaten Garut; Raperda tentang penyelenggaraan Perpustakaan Kabupaten Garut serta terakhir Raperda yang disetujui adalah Raperda tentang perubahan kedua Perda tentang Retribusi Jasa Umum.

Sumber : GarutKab.go.id

Short URL: http://suara.garutonline.com/?p=1219

Leave a Reply

Space Kosong

Search Archive

Search by Date
Search by Category
Search with Google

Iklan 120×200

Copyright 2012-2013 Garut Online Communication Hosted by : Hosting Garut Online