Antisipasi Mudik Lebaran, RSU Dr. Slamet Garut Siapkan Lahan Pemakaman

Ilustrasi

Ilustrasi

Inilah.com, Mengantisipasi kemungkinan adanya warga meninggal pada masa arus mudik maupun balik Idul Fitri 1434 H/2013, RSU dr Slamet Garut menyiapkan lahan pemakaman di tempat pemakaman umum (TPU) di Kampung Cibunar Desa Sukakarya Kecamatan Tarogong Kidul.

Lahan tersebut terutama diperuntukkan bagi warga meninggal dunia akibat kecelakaan dan jauh dari sanak familinya, atau tidak memiliki identitas. Menurut Kepala Sub Bagian Informatika dan Hukum RSU dr Slamet Garut, Ade Sunarya, penyediaan lahan sudah dilakukan pihak rumah sakit sejak lama.

Namun, berbeda dengan daerah lain yang biasanya disediakan sejumlah liang lahat untuk mengantisipasi minimnya petugas atau penggali kuburan karena sedang cuti berlebaran, di Kabupaten Garut tidak menyediakan lahan lahat seperti itu.

Pasalnya, jelas Ade, petugas RSU dr Slamet Garut maupun warga penggali kubur selalu siap sedia jika dibutuhkan sewaktu-waktu.

“Pokoknya prioritas utama penyediaan lahan ini bagi mereka yang mengalami kecelakaan yang menyebabkan meninggal dunia dan jauh dari kerabat serta sanak saudaranya atau tanpa identitas,” tegas Ade, Selasa (30/7/2013).

Luas lahan disediakan rumah sakit di Kampung Cibunar, lanjut Ade, mencapai sekitar 35 tumbak. Tanah tersebut dibeli pihak rumah sakit dari masyarakat sejak 2000 lalu.

Saat ini, di lokasi tersebut terdapat beberapa makam korban pembunuhan, kecelakaan, dan penemuan mayat tanpa identitas, termasuk pula makam bayi akibat pembuangan.

Ade menyatakan, kendati mulai Senin (5/8/2013) depan sudah memasuki hari libur atau cuti bersama secara nasional, pihak rumah sakit telah menyiapkan petugas untuk melaksanakan piket secara bergantian. Termasuk sejumlah mobil ambulance jenazah yang siap melayani masyarakat.
“Petugas media lainnya, termasuk dokter juga tetap siaga,” tegasnya.

Ade menuturkan, lahan pemakaman di Kampung Cibunar dalam lima tahun belakangan jarang digunakan, seiring menurunnya jumlah korban meninggal dunia tanpa identitas atau jauh dari keluarga, akibat kecelakaan atau aksi kejahatan.

“Jadi, penyediaan lahan pemakaman ini jangan dianggap bahwa kami menantang maut. Ini semata-mata hanya antisipasi. Mudah-mudahan saja tidak ada lagi korban kecelakaan atau pembunuhan di Garut ini,” harapnya. [Zainulmukhtar, Inilah.com]

Short URL: http://suara.garutonline.com/?p=1142

Leave a Reply

Space Kosong

Search Archive

Search by Date
Search by Category
Search with Google

Iklan 120×200

Copyright 2012-2013 Garut Online Communication Hosted by : Hosting Garut Online