56 Warga Asing dari Iran Diamankan Dikantor Camat Garut

Sebanyak 56 imigran asal Iran diamankan di perbatasan Pantai Cimari, Kecamatan Pakenjeng dengan Kecamatan Cikelet, Kamis (6/6). Para imigran yang hendak menyeberang ke Christmas Island, Australia ini pun diamankan di Kantor Kecamatan Cikelet.

Berdasarkan informasi dari Polres Garut, awalnya para imigran berlayar menggunakan sebuah perahu di pantai selatan Garut. Dengan jarak lebih dari 200 mil dari Pantai Cimari, atau masuk zona ekonomi eksklusif, perahu tersebut mengalami masalah pada mesinnya.

Melalui saluran radio, awak kapal yang kewalahan ini meminta pertolongan kepada Polair Polres Garut dan nelayan. Akhirnya, perahu pengangkut imigran gelap tersebut dilabuhkan di Pantai Cimari dan para imigran gelap dibawa ke Kantor Kecamatan, sekitar pukul 15.00.

Kapolsek Cikelet, AKP Taka Supanta, mengatakan terdapat dari puluhan imigran yang diamankan, sebanyak 6 di antaranya merupakan anak-anak. Mereka sempat berjalan-jalan keluar Kantor Kecamatan untuk kabur.

“Mereka meminta pulang ke Jakarta. Kami berusaha mengamankan mereka dan meminta mereka tetap diam di Kantor Kecamatan. Petugas terus berusaha mengumpulkan mereka lagi. Kami repot mengumpulkan mereka yang tidak mau diatur ini,” kata Taka, Kamis (6/6).

Taka mengatakan belum mengetahui lokasi perahu tersebut lepas sauh. Muspika Cikelet, ujarnya memiliki keterbatasan anggota. Mereka kewalahan mengumpulkan para imigran kembali di aula kecamatan.

Polres Garut telah menghubungi Kantor Imigrasi dan International Organization for Migration untuk berkoordinasi dalam menangani para imigran ini. (Sam)

Sumber : GarutKab.go.id

Short URL: http://suara.garutonline.com/?p=9

Leave a Reply

Space Kosong

Search Archive

Search by Date
Search by Category
Search with Google

Iklan 120×200

Copyright 2012-2013 Garut Online Communication Hosted by : Hosting Garut Online