Selamat Datang Roket Peluncur Satelit Buatan Indonesia

Bangsa Indonesia harus bersyukur dan mendukung penuh rencana peluncuran satelit nano dengan roket buatan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober tahun ini. Karena jika rencana ini terlaksana maka Indonesia memasuki era baru yaitu masuk dalam kelompok elit negara-negara yang menguasai teknologi ruang angkasa.

Hanya sedikit negara yang menguasai teknologi ruang angkasa yang mampu meluncurkan satelit secara mandiri ke orbitnya, diantaranya amerika, rusia, konsorsium eropa, india,cina dan jepang. Kemampuan ini mempunyai arti strategis karena menjadi langkah awal dan modal dasar bagi penguasaan teknologi ruang angkasa yang lebih komplek dan rumit yaitu mengirimkan misi pesawat ruang angkasa berawak suatu saat nanti.

Roket yang akan digunakan sebagai wahana peluncur satelit adalah roket jenis RX 420 dengan spesifikasi diameter 420 mm, panjang 6,2 meter, berat luncur 1.000 kilogram yang menghasilkan daya jelajah 100 km dengan kecepatan 4,5 kali kecepatan suara atau 4,5 Mach setara dengan 4.500 km per jam !

Yang lebih menggembirakan lagi roket berbahan bakar padat jenis propeland solid komposit yang mampu menghasilkan daya dorong yang cukup besar hingga melesat 4,5 kali kecepatan suara, dengan waktu terbang 205 detik, hingga mencapai ketinggian maksimum 53 km dari permukaan bumi tersebut bahan bakarnya sepenuhnya buatan dalam negeri.

Luncurkan Satelit

mengutip berita di atas Lapan berencana mengorbitkan satelit nano tahun ini, dengan roket RX 420; satelit nano adalah satelit dengan berat maksimal 10 kg yang akan dibuat oleh teknisi-teknisi dalam negeri.

Kemampuan meluncurkan satelit secara mandiri mempunyai nilai strategis di bidang teknik keluarangkasaan bahkan dari sisi ekonomi maupun pertahanan negara. Dari sisi teknik keruangangkasaan kemampuan ini membuat Indonesia termasuk dalam kelompok negara yang menguasai teknologi wahana antariksa. Dengan bergabung kedalam kelompok elit negara-negara pemilik teknologi ruang angkasa maka Indonesia mempunyai kesempatan dan peluang untuk mengeksplorasi ruang angkasa demi kepentingan nasional Indonesia.

Dari sisi ekonomis penguasaan teknologi peluncuran satelit memungkinkan Indonesia untuk memasarkan jasa peluncuran satelit secara komersial , sedangkan dari sisi pertahanan negara kemampuan meluncurkan satelit secara mandiri sekaligus menunjukkan kemampuan negara tersebut untuk meluncurkan rudal . Kemampuan meluncurkan rudal akan meningkatkan daya gentar negara kita terhadap pihak asing yang berani mengganggu Indonesia; oleh karena itu sudah selayaknya bangsa Indonesia mendukung penuh Lapan untuk meluncurkan satelit secara mandiri, selamat datang roket peluncur satelit buatan Indonesia



Short URL: http://suara.garutonline.com/?p=419

2 Comments for “Selamat Datang Roket Peluncur Satelit Buatan Indonesia”

  1. BAMBANG SUPRIANTO

    it was great Lapan, Indonesia must be saw as great country in order that i say many thanks to your commitment so Indonesia could made owned rocket.
    COMES FROM SOUTH SULAWESI.
    We are coming for sharing……….

  2. I do not even know how I ended up here, however I believed this put up was good. I don’t know who you are but certainly you are going to a well-known blogger for those who ar7;e#821&nt already. Cheers!

Leave a Reply

Space Kosong

Search Archive

Search by Date
Search by Category
Search with Google

Iklan 120×200

Copyright 2012-2013 Garut Online Communication Hosted by : Hosting Garut Online